Jelang Final Europa League
Sejarah yang Coba Diukir Chelsea di Amsterdam Arena
oleh Thomas
Posted: 15/05/2013 08:57
Sejarah yang Coba Diukir Chelsea di Amsterdam Arena
Benfica vs Chelsea (Liputan6.com/Ilman Ridwan)

Prestasi buruk Chelsea pada musim ini dapat sedikit terobati bila mereka bisa menjuarai Europa League musim ini. The Blues akan berhadapan dengan wakil Portugal Benfica di partai final yang digelar di Amsterdam Arena Rabu (15/5/2013) malam atau Kamis dinihari WIB.

Keberhasilan mengangkat trofi Europa League akan membuat Chelsea menjadi tim pertama dalam sejarah yang mampu menjuarai dua kompetisi terelit garapan UEFA dalam urutan terbalik secara berturut-turut. Sebagai catatan, musim lalu Chelsea sukses menjadi juara Liga Champions. Bila juara Chelsea juga menjadi klub pertama yang memegang trofi Liga Champions dan Europa League bersamaan (sampai final Liga Champions digelar 25 Mei nanti).

Sayangnya, usaha Chelsea untuk mengukir sejarah diganggu oleh cedera yang menimpa dua pemain pilar mereka, pemain sayap Eden Hazard dan palang pintu John Terry. Kedua pemain ini mengalami cedera saat melawan Aston Villa di Liga Premier akhir pekan kemarin. Keduanya diragukan bisa ambil bagian di final.

Klik untuk lihat kumpulan berita Liga Europa dan Liga Champions

Kondisi ini tentu akan memusingkan pelatih Rafael Benitez. Posisi Terry kemungkinan akan diisi oleh Gary Cahill yang akan berduet dengan mantan pemain Benfica David Luiz. Sedangkan di lini tengah Oscar tampaknya akan mengisi tempat Hazard.

Oscar akan bahu membahu dengan Juan Mata dan Victor Moses untuk mendukung Fernando Torres yang menjadi penyerang tunggal. Torres selalu menjadi pilihan utama di Europa League karena Demba Ba tidak bisa dimainkan akibat sudah pernah tampil di kompetisi ini bersama Newcastle United di awal musim.

Chelsea sedikit di atas angin jelang pertemuan yang akan dipimpin wasit Bjorn Kuipers itu. Pasalnya Benfica baru saja menelan pil pahit dikalahkan rival mereka FC Porto di Liga Portugal 2-1. Akibatnya, Benfica harus menyerahkan tampuk klasemen kepada Porto. Di sisi lain, Chelsea justru sedang meningkat moralnya karena kemenangan atas Villa di ajang Liga Premier membuat mereka memastikan satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Klub milik Roman Abramovich itu juga punya rekor bagus bila melawan klub Portugal. Dari delapan kali laga melawan wakil Portugal, Chelsea menang enam kali dan cuma kalah sekali. Bahkan Chelsea saat ini mencatat lima kemenangan beruntun saat bersua klub dari negara yang terletak di Semenanjung Iberia itu.

Yang perlu diwaspadai Chelsea adalah fakta bila Benfica bisa menurunkan hampir kekuatan penuh. Mereka punya pengalaman menyingkirkan klub Inggris di Europa League musim ini saat mendepak Newscastle di perempatfinal. Bomber Oscar Cardozo juga sukses mencetak enam gol dari 10 laga terakhir Benfica kontra klub Inggris.

Melihat fakta-fakta di atas, bukan tak mungkin laga final Europa League ini bisa berakhir sampai perpanjangan waktu atau bahkan adu penalti. (*)

Prakiraan Susunan Pemain:
Benfica: Artur, Luisao, Garay, Maxi, Perez, Gaitan, Matic, Salvio, Almeida, Lima, Cardozo
Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz, Cahill, Cole, Lampard, Ramires, Oscar, Moses, Mata, Torres
Wasit: Bjorne Kuipers




Baca juga:



Berita Lainnya

JADWAL PERTANDINGAN

KUALIFIKASI CHAMPIONS RONDE II
 
16 Juli 2013
17.30 Plzen (CZE)
- Zeljeznicar (BIH)
 
16 Juli 2013
18.00 BATE (BLR)
- Shakhter (KAZ)
 
 
16 Juli 2013
18.00 Dinamo Tbilisi (GEO) - EB/Streymur (FRO)
 
16 Juli 2013
19.00 FC Sheriff (MDA) - Sutjeska (MNE)
 
 
16 Juli 2013
19.00 FK Ekranas (LTU) - Hafnarfjördur (ISL)
 
16 Juli 2013
19.30 Dinamo (CRO) - Fola Esch (LUX)
 
KUALIFIKASI EUROPA RONDE  II
18 Juli 2013
15.00 Irtysh - Siroki Brijeg
16.00 DIla - AaB
 
18 Juli 2013
18.00 Mladost Podgorica - Senica
18.00 Honka - Lech

18 Juli 2013
18.00 Dinamo Minsk - L. Zagreb
19.00 Stromsgodset - Debrecen

18 Juli 2013
19.00 Petrolul - Vikingur
19.00 Malmo - Hibernian